SYARAT DAN KETENTUAN

Selamat datang di Rumma, solusi aplikasi untuk kamar Anda. Dengan mengakses dan/atau menggunakan aplikasi ini, Anda dianggap telah membaca, memahami dan menyetujui syarat dan ketentuan yang berlaku. Syarat dan ketentuan yang berlaku ini dapat berubah sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan terlebih dahulu. Pengguna dianggap telah menyetujui segala perubahan yang berlaku dengan terus mengakses dan/atau menggunakan segala layanan yang tersedia di aplikasi ini


A. KETENTUAN UMUM
  1. Aplikasi Rumma bertujuan untuk membantu siapa pun yang ingin mencari kamar atau tempat tinggal sementara dalam jangka waktu tertentu serta memudahkan komunikasi dan interaksi dengan pemilik kamar termasuk proses pembayaran
  2. Pengguna aplikasi Rumma dapat menggunakan segala fitur dan layanan yang tersedia sesuai dengan syarat dan ketentuan yang berlaku
  3. Pengguna tidak diperbolehkan menggunakan segala fitur dan layanan yang tersedia di aplikasi Rumma untuk hal-hal yang bersifat illegal
  4. Jika ditemukan adanya tindakan illegal dan/atau manipulasi data oleh Pengguna, tim Rumma berhak menonaktifkan akun Pengguna sementara atau permanen tanpa melakukan pemberitahuan terlebih dahulu
  5. Rumma bukanlah pemilik properti ataupun pemilik kamar yang ada di aplikasi Rumma
  6. Rumma hanya bertindak sebagai platform yang mempertemukan antara pemilik properti yang ingin menyewakan kamarnya dengan calon penyewa kamar, memfasilitasi dan memberikan solusi kebutuhan kamar serta berbagai layanan terkait
  7. Rumma akan senantiasa berupaya untuk meningkatkan validitas informasi yang tertera pada aplikasi Rumma. Akan tetapi, segala informasi yang diunggah oleh Pengguna aplikasi Rumma menjadi tanggung jawab pribadi Pengguna aplikasi Rumma
B. REGISTRASI
  1. Untuk menggunakan layanan yang tersedia di aplikasi Rumma, pengguna harus melakukan pendaftaran pembuatan akun terlebih dahulu
  2. Saat mendaftar, pengguna diwajibkan mengisi data pribadi seperti nama, nomor HP, email, tanggal lahir dan jenis kelamin secara lengkap dan akurat
  3. Segala permasalahan dan kerugian yang timbul sebagai akibat dari informasi yang tidak akurat atau tidak lengkap menjadi tanggung jawab pengguna
  4. Pengguna bertanggung jawab untuk menjaga kerahasiaan kata sandi yang digunakan untuk menggunakan layanan yang tersedia di aplikasi Rumma
  5. Segala aktivitas yang dilakukan oleh akun pengguna menjadi tanggung jawab pengguna yang bersangkutan
  6. Rumma tidak bertanggung jawab terhadap segala permasalahan dan kerugian yang timbul sebagai akibat dari penyalahgunaan akun pengguna baik secara sadar ataupun tidak
  7. Jika pengguna mengalami kesulitan dalam mengakses akun yang sudah didaftarkan, pengguna dapat menghubungi tim Rumma
C. KONTEN
  1. Segala konten layanan, fitur-fitur dan fungsi yang tersedia pada aplikasi Rumma menjadi hak kekayaan intelektual Rumma
  2. Segala informasi yang diunggah oleh pengguna ke aplikasi Rumma menjadi tanggung jawab pribadi pengguna
  3. Pengguna menjamin bahwa segala konten yang diunggah ke aplikasi Rumma tidak melanggar hak kekayaan intelektual dan pengguna membebaskan Rumma dari segala permasalahan yang berkaitan dengan hak kekayaan intelektual tersebut
  4. Penyalahgunaan informasi dan/atau gambar yang diunggah oleh pengguna adalah tanggung jawab pribadi pengguna
  5. Pengguna dilarang mengunggah informasi yang menyesatkan, mengandung unsur SARA, vulgar, mencemarkan nama baik, bersifat diskriminatif, bersifat ancaman dan/atau menyudutkan pihak lain. Tim Rumma berhak melakukan tindakan yang perlu jika ditemukan adanya konten yang tidak sesuai dengan syarat dan ketentuan yang berlaku, seperti penghapusan konten atau akun pengguna terkait
  6. Saat pengguna mengunggah suatu konten ke aplikasi Rumma, pengguna secara otomatis memberikan Rumma hak non-eksklusif, bebas royalti, dapat disublisensikan, secara terus-menerus, dapat digunakan di seluruh dunia, memodifikasi, mempublikasi, dan mendistribusikan konten tersebut melalui media mana pun
  7. Pengguna menyetujui bahwa Rumma tidak dapat mengecek semua konten yang diunggah. Oleh karena itu, pengguna bertanggung jawab secara pribadi terhadap segala konten yang diunggah
  8. Jika pengguna menemukan adanya konten yang melanggar syarat dan ketentuan yang berlaku, pengguna dapat menghubungi pihak Rumma
  9. Rumma senantiasa berusaha memberikan informasi yang tepat dan terpercaya, akan tetapi Rumma tidak dapat menjanjikan bahwa informasi yang diberikan akan 100% akurat. Oleh karena itu, pengguna tidak akan menuntut pertanggungjawaban Rumma terhadap segala informasi yang tersedia pada aplikasi Rumma
D. PEMESANAN
  1. Aplikasi Rumma akan mencantumkan informasi kamar yang diunggah oleh pemilik properti untuk memudahkan calon penyewa menentukan pilihan kamar yang paling sesuai
  2. Calon penyewa kamar yang sudah menentukan pilihan kamar dapat melakukan pemesanan kamar melalui aplikasi Rumma dengan mengisi data diri yang dibutuhkan dan mentransfer sejumlah uang ke rekening yang tercantum pada system payment gateway yang tersedia sesuai harga booking kamar yang tercantum di aplikasi Rumma
  3. Pemilik properti bertanggung jawab untuk mempersiapkan kamar yang telah dipesan sesuai tanggal kedatangan penyewa kamar dan memberikan pelayanan sesuai dengan informasi yang tercantum pada aplikasi Rumma
  4. Pemilik properti bertanggung jawab untuk memastikan bahwa penyewa kamar yang datang ke kamar yang disewa akan dicheck in kan pada system management Rumma pada tanggal yang benar
  5. Jika pemilik properti membatalkan pemesanan kamar yang sudah diterima, pembayaran yang sudah dilakukan oleh pemesan kamar akan direfund dengan dipotong biaya administrasi Rumma
  6. Jika penyewa kamar tidak datang tanpa konfirmasi, kamar yang sudah dibooking tetap tidak akan ditampilkan di sistem pencarian Rumma sampai tanggal check out yang ditentukan, kecuali dilakukan pembatalan oleh penyewa kamar
  7. Jika penyewa kamar ingin melakukan perubahan kamar, penyewa kamar dapat menghubungi pemilik properti untuk melakukan perubahan yang diinginkan pada sistem Rumma
  8. Rumma tidak bertanggung jawab terhadap segala perubahan kamar yang dilakukan oleh pemilik properti
  9. Tanggal check in yang sudah ditentukan oleh penyewa kamar tidak dapat diubah pada pemesanan yang sama. Untuk mengubah tanggal check in, pemesanan yang sudah dilakukan harus dibatalkan dan melakukan pemesanan ulang
  10. Penyewa kamar dapat melakukan pembatalan pemesanan kamar & meminta pengembalian dana selambat-lambatnya 3 hari sebelum tanggal check in. Setelah melewati tanggal tersebut, penyewa kamar masih dapat melakukan pembatalan pemesanan kamar, akan tetapi tidak dapat melakukan refund.
  11. Pengembalian dana akan diterima oleh penyewa kamar selambat-lambatnya 1 bulan dari permintaan pengembalian dana dan akan dipotong biaya administrasi yang berlaku
  12. Rumma berhak menonaktifkan akun pemilik properti dan atau penyewa kamar sementara atau permanen tanpa melakukan pemberitahuan terlebih dahulu jika ditemukan adanya penyalahgunaan pada segala transaksi keuangan yang terjadi
E. TINGGAL DI KAMAR
  1. Setiap pemilik properti mempunyai kebijakan dan peraturan yang harus ditaati oleh penyewa kamar selama tinggal di kamar yang disewa. Segala kebijakan dan peraturan tersebut telah dipahami dan disepakati oleh pemilik properti dan penyewa kamar saat penyewa kamar mulai terdaftar di kamar yang bersangkutan. Pelanggaran atas kebijakan dan peraturan yang sudah ditetapkan pemilik properti menjadi tanggung jawab penyewa kamar
  2. Penyewa kamar bertanggung jawab untuk menjaga segala akomodasi yang ada di kamar yang disewa. Segala kerusakan atau kehilangan yang terjadi menjadi tanggung jawab penyewa kamar
  3. Pada penyewa kamar bulanan, harga yang sudah dibayarkan pada saat melakukan booking kamar menjadi deposit / jaminan bagi pemilik properti. Deposit tersebut akan tercatat secara otomatis pada sistem Rumma dan dapat dilihat oleh pemilik properti dan penyewa kamar. Pemilik properti bertanggung jawab mengembalikan uang deposit tersebut pada saat penyewa kamar melakukan check out. Pemilik properti berhak mengambil uang deposit tersebut jika terjadi kerusakan atau kehilangan fasilitas kamar yang menjadi tanggung jawab penyewa kamar
  4. Pada penyewa kamar harian, kebijakan pemberian deposit menjadi hak pemilik properti. Penyewa kamar bertanggung jawab mengikuti kebijakan yang sudah ditetapkan oleh pemilik properti
  5. Penyewa kamar yang tinggal di kamar yang disewa dalam jangka waktu yang lama dan melakukan pembayaran secara berkala dapat melakukan pembayaran melalui aplikasi Rumma sesuai dengan tagihan yang diberikan
  6. Untuk penyewa kamar yang tinggal dalam jangka waktu lama, jika masa tinggalnya sudah hampir selesai, penyewa kamar dapat mencantumkan tanggal keluar yang direncanakan sebelum tagihan terakhir dikeluarkan. Dengan memperhitungkan tanggal keluar yang dicantumkan, aplikasi Rumma akan menghitung tagihan terakhir yang akan ditagihkan secara pro rata
  7. Selama tinggal kamar yang disewa, penyewa kamar dapat memberikan review dan penilaian mengenai kamar yang ditempatinya di aplikasi Rumma setiap selesai melakukan pembayaran tagihan. Akurasi review dan penilaian yang diberikan menjadi tanggung jawab penyewa kamar
  8. Setelah keluar dari kamar yang ditempatinya, penyewa kamar juga dapat memberikan review dan penilaian mengenai kamar yang ditempatinya di aplikasi Rumma. Akurasi review dan penilaian yang diberikan Teman Rumma menjadi tanggung jawab penyewa kamar
F. PENOLAKAN JAMINAN
  1. Tim Rumma akan selalu berusaha menyediakan layanan dan fitur-fitur terbaik dan dapat diandalkan. Akan tetapi, tim Rumma tidak menjamin bahwa layanan dan fitur-fitur yang tersedia tersebut akan selalu beroperasi dengan sempurna
  2. Tim Rumma tidak dapat menjamin bahwa seluruh layanan dan fitur-fitur yang ada akan selalu tersedia setiap saat dan di mana saja, tidak akan dapat terinterupsi, bebas dari segala kesalahan, bebas dari virus dan dapat memenuhi segala kebutuhan Pengguna
  3. Pengguna dapat menggunakan layanan dan fitur-fitur yang ada atas resiko Pengguna sendiri
  4. Layanan dan fitur-fitur yang ada di Rumma disediakan dengan "SEBAGAIMANA ADANYA" dan "SEBAGAIMANA TERSEDIA"
G. PEMBATASAN TANGGUNG JAWAB
  1. Tim Rumma (termasuk perusahaan, direktur, karyawan, partner, agen, dan segala afiliasinya) tidak bertanggung jawab terhadap segala kerugian, kehilangan dan/atau kerusakan secara langsung maupun tidak langsung yang diakibatkan oleh:
    • - Penggunaan atau ketidakmampuan Pengguna dalam menggunakan layanan dan fitur-fitur yang tersedia di aplikasi Rumma
    • - Pelanggaran Pengguna terhadap Syarat dan ketentuan yang berlaku dan/atau terhadap hak dari pihak ketiga
    • - Adanya penyalahgunaan akun Pengguna oleh pihak ketiga
    • - Segala konten yang diperoleh dari layanan dan fitur-fitur yang tersedia di aplikasi Rumma
    • - Adanya pelanggaran hak intelektual Pengguna
    • - Segala transaksi yang terjadi di luar sistem pembayaran Rumma
    • - Gangguan pada layanan yang tersedia
H. HUKUM YANG BERLAKU
  1. Syarat dan ketentuan yang berlaku ini diatur dan ditafsirkan berdasarkan hukum Republik Indonesia, tanpa memperhatikan pertentangan aturan hukum
  2. Pengguna menyetujui bahwa ketidakmampuan kami dalam menegakkan Syarat dan ketentuan ini tidak dianggap sebagai pengabaian hak
  3. Jika ada ketentuan dari Syarat dan ketentuan ini yang dinyatakan tidak sah atau tidak dapat diterapkan oleh pengadilan, ketentuan lain dari Syarat dan ketentuan ini tetap berlaku
  4. Syarat dan ketentuan ini merupakan keseluruhan perjanjian antara Rumma dan Pengguna mengenai layanan dan fitur-fitur yang disediakan oleh Rumma